Langsung ke konten utama

Javascript React: Props

 Assalamualaikum wr wb. Halo guys kembali lagi denga saya Haikal. Kali ini saya akan sharing materi tentang props pada react js. Langsung saja kita bahas.


Props

src: https://cdn-media-1.freecodecamp.org/images/zdcDnVK0Okw3GBfFb8vzE3Ofi0uKUpD5KRRN

 

Props adalah argumen yang di kirimkan lewat react component dengan HTML attribute untuk mengirimkan sebuah data pada component.

React props mirip seperti function argument di javascript dan attribute di HTML.

Untuk mengirimkan props ke component kalian harus menggunakan syntax yang sama seperti HTML.

Kita gunakan react project yang kemarin dipakai. Jika kalian belum mengikuti seri sebelumnya tentang react, saya sarankan untuk dibaca terlebih dahulu dimulai dari proses instalasinya hingga materi component.

Contoh:

App.js

 Contohnya kita memberikan sebuah props bernama message dengan data yang berbeda-beda ke setiap komponennya. Komponen pertama mengirimkan "selamat pagi" komponen kedua mengirimkan "selamat siang" dan seterusnya kedalam Greet component. 

Greet.component.js

 Cara menangkapnya mudah saja kita tinggal menggunakan this.props.nama_attribute lalu data yang dikirmkan kedalam komponen tersebut dapat digunakan.

Jika kita running dengan menjalankan npm start pada cmd dan hasilnya akan seperti ini:

 


 Dia akan mencetak data yang dikirimkan. Lalu apakah kita dapat mengirimkan variabel kedalam props? jawabannya bisa, bahkan ia dapat mengirimkan sebuah object kedalamnya. Contoh:

App.js

 Greet.component.js

 dan jika dijalankan hasilnya akan sama saja:


 Jika kalian mengirimkan sebuah object secara utuh, kalian harus meng-iterasi object yang dikirimkan tersebut agar bisa di tampilkan dan menghemat waktu daripada menuliskan satu-persatu.

 

Berikut source code fullnya:

App.js

 

Greet.component.js

 

Mungkin sekian saja untuk materi kali ini, mohon maaf bila ada kesalahan. Wassalamualaikum wr wb.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Javascript: 4 Fakta Menarik Tentang Javascript

 Assalamualaikum wr wb. Halo guys kembali lagi dengan saya Haikal. Kali ini saya akan membagi fakta-fakta menarik tentang javascript. Seperti yang kalian tau blog ini membahas seputar javascript dan kita akan men-highlight fakta - fakta menarik tentang javascript ini, 1. Immediately-Invoked Function Expression Seperti yang kalian tahu, javascript memiliki sebuah keunikan yang dimana function dapat dipanggil secara langsung menggunakan () setelah function tersebut di deklarasi. Tapi tahukah kalian jika kalian menyimpan 2 function seperti ini: See the Pen iminfunex by haikal ( @haikul ) on CodePen . Function kedua akan error dan mengalami kesalahan sintaks. 2. Semicolon Javascript dapat berjalan dengan dan tanpa semicolon. Kalau bahasa pemrograman pada umumnya ia mengharuskan mengakhiri baris kode dengan sebuah semicolon. Tapi tahukah kalian bahwa semicolon dapat di tempatkan di awal baris sebuah kode seperti ini: See the Pen pre-semicolon by haikal ( @haikul ) on CodePen

Javascript: Callback

 Assalamualaikum wr wb. Halo guys kembali lagi dengan saya Haikal di materi javascript. Kali ini kita akan membahas tentang callback dan berikut poin-poin yang akan kita bahas: Konsep callback Synchronous callback Asynchronous callback Callback hell   Konsep Callback src: https://i.morioh.com/   Callback sebetulnya sama dengan function pada umumnya, hanya bedanya bagaimana ia dieksekusi. Pada umumnya function di eksekusi dari atas ke bawah maka callback dipanggil hanya pada poin tertentu saja karena itu ia dipanggil callback,  Callback juga disebut sebagai high-order function dan callback ini di eksekusi di dalam function lain yang dimasukkan melalui parameter. Berikut contohnya: See the Pen LYZoErJ by haikal ( @haikul ) on CodePen . Disini kita membuat 2 function yang dimana salah satu functionnya akan menjadi sebuah function callback. kita buat insertNum untuk menerima nomor dan callback function sebagai argument. Yang nantinya akan di eksekusi didalam function. callback ter